Soal UTS/ PTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Berikut ini adalah contoh soal UTS/PTS (penilaian Tengah Semester) mata pelajaran Matematika untuk kelas 6 semester 1 terbaru kurikulum 2013 revisi 2018. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS/PTS Matematika kelas 6 semester 1 ini dapat dijadikan referensi untuk belajar khususnya adik-adik kelas 6 guna persiapan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (UTS/PTS) 1
1. Lambang bilangan -27 dibaca ....
a. dua tujuh
b. positif dua puluh tujuh
c. negatif dua tujuh
d. negatif dua puluh tujuh
2. Lambang bilangan bulat negatif lima puluh delapan adalah ....
a. +58
b. 58
c. -58
d. 508
3. Bilangan terbesar dari bilangan -7, 1, -9, -12, -6 adalah ....
a. -12
b. -9
c. 1
d. -6
4. Enam satuan dari sebelah kiri titik 0 adalah ....
a. 6
b. 5
c. -6
d. -7
5. Perhatikan gambar berikut!
Bilangan yang benar untuk mengisi a, b, dan c adalah ....
a. -1, 0, 1
b. -1, 1, 2
c. -2, -1, 1
d. -2, -1, 0
6. Bilangan bulat yang terletak di antara -1 dan 1 adalah.
a. 2
b. 0
c. 1
d. -2
7. Perhatikan gambar berikut ini !
Kalimat penjumlahan dari garis bilangan di atas adalah ....
a. 7 + (-2) = -2
b. 2 + 5 = 7
c. 7 + 9 = -2
d. (-2) + 9 = 7
8. Hasil dari -18 + 30 adalah ....
a. -12
b. 12
c. 15
d. 35
9. Hasil dari -48 - 23 adalah ....
a. -25
b. 25
c. -71
d. 71
10. Hasil dari -56 - (-18) adalah ....
a. 74
b. -74
c. -38
d. 38
11. 42- (-25) = n. Nilai n adalah ....
a. -17
b. 17
c. 67
d. -67
12. Hasil dari 65 + (-87) adalah ....
a. -22
b. 152
c. 22
d. -152
13. Diketahui a = -3 dan b = 1
Nilai 2 x (a + b) adalah ....
a. 4
b. -8
c. -4
d. 8
14. Enam satuan ke kiri dari titik 3 pada garis bilangan menunjukkan angka ....
a. 9
b. 3
c. -3
d. -4
15. Hasil dari 3 x (-38) adalah ....
a. 114
b. -114
c. 124
d. -124
16. (-10) : 2 + 15 - (-25) = ....
a. 30
b. -15
c. 35
d. -10
17. Hasil operasi hitung 3 x (-12) + (-15) : 3 adalah ....
a. -41
b. -31
c. 41
d. 31
18. (121 + 23) : 24 – 6 = ....
a. 0
b. 2
d. 8
d. 12
19. Nilai dari 105 x 78 + 3.250 adalah ....
a. 10.640
b. 11.240
c. 11.440
d. 11.640
20. Hasil dari 6 x (575 + 425) : 12 adalah ....
a. 300
b. 400
c. 500
d. 600
21. 38 x (14 + 18) = (38 x 14) + (38 x 18)
Sifat pengerjaan hitung yang digunakan adalah ....
a. komunikatif
b. distributif
c. komutatif
d. asosiatif
22. Nilai untuk n jika (8 x 6 ) + (8 x 9) = 8 x n
Nilai yang benar untuk n adalah ....
a. 15
b. 48
c. 54
d. 72
23. Hasil dari 6 x (745 + 255) : 20 adalah ....
a. 200
b. 300
c. 400
d. 500
24. 412 x 235 = 235 x 412
Sifat pengerjaan hitung yang digunakan adalah ....
a. komunikatif
b. distributif
c. komutatif
d. asosiatif
25. 115 – (14 x 3) : 7 = ....
a. 68
b. 92
c. 106
d. 109
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Hasil dari 30 + (-5) x (-3) adalah ............................................................................
2. Hasil dari -54 - (-12) + 18 adalah ..............................................................................
3. Hasil dari 85 + 40 : 5 x 8 adalah .................................................................................
4. 35 - 36 + (-12 - 8) = n, nilai n yang tepat adalah ..........................................................
5. 63 : (-9) + (-2) x 3 = n, nilai n yang tepat adalah ..........................................................
6. Nilai dari (187 + 125) : 26 – 8 = ...................................................................................
7. Hasil dari 135 x 35 – 2.565 adalah .................................................................................
8. Tiga ratus delapan puluh enam ribu empat ratus tujuh puluh tiga ditulis ....................
9. 68 x (34 + 41) = (34 + 41) x n, n = ................................................................................
10. 620 x 3 – 270 + 3 + 350 = ...........................................................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas !
1. Sebuah termometer menunjukkan suhu 25°C, setelah beberapa saat dicelupkan ke dalam air es, pada termometer terjadi penurunan suhu sebesar 15°C. Berapa suhu yang ditunjukkan termometer tersebut?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
2. Budi mula-mula berada di lantai 8 suatu gedung, kemudian ia naik 2 lantai untuk menemui temannya, kemudian turun 5 lantai. Berada di lantai berapa Budi sekarang?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
3. Pada suatu permainan, jika menang mendapat skor 2, kalah mendapat skor -1, dan seri mendapat nilai 0. Suatu tim telah mengikuti 12 permainan dengan 7 kali menang, 4 kali kalah, dan 1 kali seri. Berapa nilai yang diperoleh tim tersebut?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
4. Bu Hanik memiliki persediaan 240 buku tulis. la membeli lagi 12 lusin buku tulis. Buku tersebut dibagikan kepada 6 tempat panti asuhan dengan jumlah yang sama. Berapa banyak buku yang diterima setiap panti asuhan?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
5. Banyak murid kelas VI adalah 40 siswa. Bapak guru akan membagikan pensil kepada murid-murid tersebut masing-masing 3 batang. Berapa kotak pensil yang harus disediakan jika setiap kotak berisi 12 batang pensil?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩
Soal UTS/ PTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
2. c. -58
3. c. 1
4. c. -6
5. c. -2, -1, 1
6. b. 0
7. c. 7 + (-9) = -2
8. b. 12
9. c. -71
10. c. -38
11. c. 67
12. a. -22
13. c. -4
14. c. -3
15. b. -114
16. c. 35
17. a. -41
18. a. 0
19. c. 11.440
20. c. 500
21. b. distributif
22. a. 15
23. b. 300
24. c. komutatif
25. d. 109
2. -24
3. 149
4. -21
5. -13
6. 4
7. 2.160
8. 386.473
9. 68
10. 1.943
2. lantai 5
3. 10
4. 64 buku
5. 10 kotak pensil
NB :
Sekedar info, tahun ajaran 2018/2019 sama seperti tahun-tahun sebelumnya. USBN masih menggunakan KTSP dengan mengujikan 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, IPA, Matematika. "Jika ada informasi terbaru berkaitan dengan USBN, segera saya update".
Pengalaman tahun ajaran 2017/2018 kemarin, sekolah yang sudah menggunakan K13, mau tidak mau harus kebut belajar selama satu bulan untuk mempelajari KTSP guna persiapan USBN.
Agar tidak terjadi kerancuan, Sekolah Berstandar Internasional (SBI) pun yang biasanya menggunakan Cambridge International Baccalaureate Program, khusus kelas 6 beralih menggunakan KTSP.
Dan inilah contoh soal Matematika Kelas 6 KTSP ⇩
Soal UTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/ 2019
Ok, silahkan pilih mana yang sesuai dengan yang digunakan di sekolah ya. KTSP apa Kurikulum 2013. Kalau saya disuruh memilih, pasti saya lebih memilih soal Matematika KTSP karena soal-soalnya lebih sulit. Tapi justru karena lebih sulit inilah yang akan membuat kita semakin maju. CMIIW
Soal UTS/ PTS Matematika Kurikulum 2013
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !1. Lambang bilangan -27 dibaca ....
a. dua tujuh
b. positif dua puluh tujuh
c. negatif dua tujuh
d. negatif dua puluh tujuh
2. Lambang bilangan bulat negatif lima puluh delapan adalah ....
a. +58
b. 58
c. -58
d. 508
3. Bilangan terbesar dari bilangan -7, 1, -9, -12, -6 adalah ....
a. -12
b. -9
c. 1
d. -6
4. Enam satuan dari sebelah kiri titik 0 adalah ....
a. 6
b. 5
c. -6
d. -7
5. Perhatikan gambar berikut!
Bilangan yang benar untuk mengisi a, b, dan c adalah ....
a. -1, 0, 1
b. -1, 1, 2
c. -2, -1, 1
d. -2, -1, 0
6. Bilangan bulat yang terletak di antara -1 dan 1 adalah.
a. 2
b. 0
c. 1
d. -2
7. Perhatikan gambar berikut ini !
Kalimat penjumlahan dari garis bilangan di atas adalah ....
a. 7 + (-2) = -2
b. 2 + 5 = 7
c. 7 + 9 = -2
d. (-2) + 9 = 7
8. Hasil dari -18 + 30 adalah ....
a. -12
b. 12
c. 15
d. 35
9. Hasil dari -48 - 23 adalah ....
a. -25
b. 25
c. -71
d. 71
10. Hasil dari -56 - (-18) adalah ....
a. 74
b. -74
c. -38
d. 38
11. 42- (-25) = n. Nilai n adalah ....
a. -17
b. 17
c. 67
d. -67
12. Hasil dari 65 + (-87) adalah ....
a. -22
b. 152
c. 22
d. -152
13. Diketahui a = -3 dan b = 1
Nilai 2 x (a + b) adalah ....
a. 4
b. -8
c. -4
d. 8
14. Enam satuan ke kiri dari titik 3 pada garis bilangan menunjukkan angka ....
a. 9
b. 3
c. -3
d. -4
15. Hasil dari 3 x (-38) adalah ....
a. 114
b. -114
c. 124
d. -124
16. (-10) : 2 + 15 - (-25) = ....
a. 30
b. -15
c. 35
d. -10
17. Hasil operasi hitung 3 x (-12) + (-15) : 3 adalah ....
a. -41
b. -31
c. 41
d. 31
18. (121 + 23) : 24 – 6 = ....
a. 0
b. 2
d. 8
d. 12
19. Nilai dari 105 x 78 + 3.250 adalah ....
a. 10.640
b. 11.240
c. 11.440
d. 11.640
20. Hasil dari 6 x (575 + 425) : 12 adalah ....
a. 300
b. 400
c. 500
d. 600
21. 38 x (14 + 18) = (38 x 14) + (38 x 18)
Sifat pengerjaan hitung yang digunakan adalah ....
a. komunikatif
b. distributif
c. komutatif
d. asosiatif
22. Nilai untuk n jika (8 x 6 ) + (8 x 9) = 8 x n
Nilai yang benar untuk n adalah ....
a. 15
b. 48
c. 54
d. 72
23. Hasil dari 6 x (745 + 255) : 20 adalah ....
a. 200
b. 300
c. 400
d. 500
24. 412 x 235 = 235 x 412
Sifat pengerjaan hitung yang digunakan adalah ....
a. komunikatif
b. distributif
c. komutatif
d. asosiatif
25. 115 – (14 x 3) : 7 = ....
a. 68
b. 92
c. 106
d. 109
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Hasil dari 30 + (-5) x (-3) adalah ............................................................................
2. Hasil dari -54 - (-12) + 18 adalah ..............................................................................
3. Hasil dari 85 + 40 : 5 x 8 adalah .................................................................................
4. 35 - 36 + (-12 - 8) = n, nilai n yang tepat adalah ..........................................................
5. 63 : (-9) + (-2) x 3 = n, nilai n yang tepat adalah ..........................................................
6. Nilai dari (187 + 125) : 26 – 8 = ...................................................................................
7. Hasil dari 135 x 35 – 2.565 adalah .................................................................................
8. Tiga ratus delapan puluh enam ribu empat ratus tujuh puluh tiga ditulis ....................
9. 68 x (34 + 41) = (34 + 41) x n, n = ................................................................................
10. 620 x 3 – 270 + 3 + 350 = ...........................................................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas !
1. Sebuah termometer menunjukkan suhu 25°C, setelah beberapa saat dicelupkan ke dalam air es, pada termometer terjadi penurunan suhu sebesar 15°C. Berapa suhu yang ditunjukkan termometer tersebut?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
2. Budi mula-mula berada di lantai 8 suatu gedung, kemudian ia naik 2 lantai untuk menemui temannya, kemudian turun 5 lantai. Berada di lantai berapa Budi sekarang?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
3. Pada suatu permainan, jika menang mendapat skor 2, kalah mendapat skor -1, dan seri mendapat nilai 0. Suatu tim telah mengikuti 12 permainan dengan 7 kali menang, 4 kali kalah, dan 1 kali seri. Berapa nilai yang diperoleh tim tersebut?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
4. Bu Hanik memiliki persediaan 240 buku tulis. la membeli lagi 12 lusin buku tulis. Buku tersebut dibagikan kepada 6 tempat panti asuhan dengan jumlah yang sama. Berapa banyak buku yang diterima setiap panti asuhan?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
5. Banyak murid kelas VI adalah 40 siswa. Bapak guru akan membagikan pensil kepada murid-murid tersebut masing-masing 3 batang. Berapa kotak pensil yang harus disediakan jika setiap kotak berisi 12 batang pensil?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩
Soal UTS/ PTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Kunci Jawaban Room I
1. d. negatif dua puluh tujuh2. c. -58
3. c. 1
4. c. -6
5. c. -2, -1, 1
6. b. 0
7. c. 7 + (-9) = -2
8. b. 12
9. c. -71
10. c. -38
11. c. 67
12. a. -22
13. c. -4
14. c. -3
15. b. -114
16. c. 35
17. a. -41
18. a. 0
19. c. 11.440
20. c. 500
21. b. distributif
22. a. 15
23. b. 300
24. c. komutatif
25. d. 109
Kunci Jawaban Room II
1. 452. -24
3. 149
4. -21
5. -13
6. 4
7. 2.160
8. 386.473
9. 68
10. 1.943
Kunci Jawaban Room III
1. 10°C2. lantai 5
3. 10
4. 64 buku
5. 10 kotak pensil
Note : Soal UTS/ PTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 adalah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasihItulah Soal UTS/ PTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.
NB :
Sekedar info, tahun ajaran 2018/2019 sama seperti tahun-tahun sebelumnya. USBN masih menggunakan KTSP dengan mengujikan 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, IPA, Matematika. "Jika ada informasi terbaru berkaitan dengan USBN, segera saya update".
Pengalaman tahun ajaran 2017/2018 kemarin, sekolah yang sudah menggunakan K13, mau tidak mau harus kebut belajar selama satu bulan untuk mempelajari KTSP guna persiapan USBN.
Agar tidak terjadi kerancuan, Sekolah Berstandar Internasional (SBI) pun yang biasanya menggunakan Cambridge International Baccalaureate Program, khusus kelas 6 beralih menggunakan KTSP.
Soal UTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/ 2019
Ok, silahkan pilih mana yang sesuai dengan yang digunakan di sekolah ya. KTSP apa Kurikulum 2013. Kalau saya disuruh memilih, pasti saya lebih memilih soal Matematika KTSP karena soal-soalnya lebih sulit. Tapi justru karena lebih sulit inilah yang akan membuat kita semakin maju. CMIIW
0 Response to "Soal UTS/ PTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018"
Post a Comment